jump to navigation

Implementasi RAC Oracle10gR2 Menggunakan MS Virtual Server 1 June 20, 2007

Posted by masrony in Oracle.
Tags: , , , ,
trackback

Introduction

Oracle Real Application Clusters (RAC) merupakan suatu teknologi clustering database Oracle 10g, ke dalam suatu shared storage system device dan dapat digunakan bersama-sama menggunakan Oracle RDBMS oleh beberapa komputer / server secara simultan. Teknologi ini memungkinkan suatu pengelolaan database yang terpusat dan terstruktur dengan rapi, sehingga akan sangat memudahkan seorang DBA Admin dalam melakukan tugas-tugasnya. Konsep yang diketengahkan dari pemodelan Clustering ini, juga memungkinkan adanya handsover yang cepat dan otomatis apabila terjadi kegagalan system atau failover dari server satu ke server lainnya. Selain itu dari sisi budgeting IT, tidak diperlukan upgrade system hardware secara keseluruhan apabila database yang ditangani sudah sangat besar, yaitu dengan cara menambahkan node server baru tanpa mengganggu aktivitas database yang sedang berjalan, sehingga dari sisi IT Budgeting, dapat menekan biaya upgrade system yang mahal. Penjelasan lebih lanjut mengenai Oracle 10g Real Application Clusters dapat dipelajari disini
Adapun mengenai konsep implementasinya, dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

rac-10g.jpg

Virtual Server

Implementasi RAC Oracle10g ini sebenarnya membutuhkan kelengkapan hardware minimal 2 server dan satu storage device. Dikarenakan keterbatasan hardware yang ada, maka sebagai percobaan dan sarana belajar, dapat menggunakan aplikasi Microsoft Virtual Server 2005 R2. Resource hardware yang dibutuhkan untuk implementasi ini terbilang cukup besar, untuk ukuran komputer desktop malah bisa dikategorikan haus darah :). Spesifikasi yang disarankan : Processor P4 – 3 GHz (Dual Core recommended), memory 2 GB, Free space harddisk minimal 40 GB. Langsung tunjek point aja ya….
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah install komputer/server yang akan digunakan sebagai virtual server dengan OS Windows Server 2003 (kalo bisa, minimal yang SP1), setelah instalasi selesai, dapat dilanjutkan dengan membuat Domain Controller beserta DNS Server, DHCP Server, dan WINS Server. Di artikel ini, kita tidak akan membahas mengenai cara instalasi windows server 2003 maupun service-service yang dibutuhkan, karena kalau kita bahas disini, bisa copot jarinya 🙂 jadi dianggap anda sudah bisa implementasi sendiri. Sesudah proses instalasi selesai, jangan lupa untuk meng-install aplikasi Microsoft Virtual Server. Sebelum memasuki implementasi clustering ini, perlu kiranya untuk mempersiapkan terlebih dahulu mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Virtual Server. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Alokasikan free space untuk virtual server ini dengan pembagian : 20 GB untuk 2 Virtual Machine dan 20 GB untuk Virtual Disk yang akan digunakan sebagai Storage Device.
  • Buat virtual machine (diberi nama ORACLE1) yang dipersiapkan untuk instance Oracle dengan space harddisk 10GB dan alokasi memory 256 MB, seperti gambar di bawah ini :

create-vs.jpg

  • Masukkan CD Instalasi Windows 2003 dan hidupkan Virtual Machine Oracle1 yang telah dibuat sebelumnya, dan lakukan proses instalasi Windows2003 seperti biasa. Instalasi dapat dilakukan melalui Remote Control Virtual Machine, seperti gambar dibawah ini :

install-vs.jpg

  • Buat 2 virtual network pada virtual machine ORACLE1. Virtual network 1 dibuat untuk inter koneksi antar virtual machine (ORACLE1 dengan ORACLE2), dan virtual network 2 digunakan untuk koneksi dengan real server /real LAN. Virtual network ini disarankan menggunakan segment atau class IP yang berbeda dengan menggunakan leased IP dari DHCP Real Server, seperti gambar dibawah ini :

network-vs.jpg

  • Lakukan hal yang sama untuk membuat virtual machine ORACLE2. Status virtual server beserta CPU Usage dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

status-vs.jpg

  • Pastikan koneksi network yang ada berjalan dengan lancar, seperti gambar dibawah ini :
  • Buat Virtual Disk dan pilih Fixed Size Virtual Harddisk. Alokasikan space harddisk 20 GB sebagai virtual storage device.

=== ngantuk banget.. dilanjut besok lagi ===

Reference

  1. Oracle RAC Wiki : http://en.wikipedia.org/wiki/Oracle_RAC
  2. Oracle University : http://www.oracle.com/technology/products/database/clustering/index.html
  3. Online Storage Mas Nathan : http://jamesbond.4shared.com/

Credit point

Terima kasih yang tak terhingga kepada Mas Nathan Gusti Ryan yang telah mengajari saya mengenai Implementasi Clustering Oracle 10g di Windows 2003. Semoga artikel ini berguna bagi komunitas Oracle khususnya komunitas Oracle di Surabaya.

Advertisements

Comments»

1. Nathan Gusti Ryan - June 21, 2007

Hemmmm… bagus tuh… sedikit intro aja bisa langsung di Implementasikan…
Buat rekan2 yang lain, bisa baca rujukan (kyk dokter aja…) di http//jamesbond.4shared.com

Sukses buat Mas Rony… maju terus…

2. masrony - June 21, 2007

Makasih boss…
Saya cuma implementasikan dari yang mas nathan ajarkan hehee
so.. jangan bosan ngajarin loh yo mas…

3. aan - June 22, 2007

wah keren banget…
selamat ya telah berhasil implementasikan RAC
semoga sll sukses…..

4. masrony - June 22, 2007

Lah belom selesai… wong baru 10% jalan… (sambil nglirik pak guru). Masih harus banyak baca neh an… Lagian tutornya kan dari kiriman CD punyamu 🙂

5. udinwcp - June 22, 2007

wow kerenn….!!!!
seep bos
aq aja gak bisa
tapi koq….???
judulnya yg atas koq salah (SUGENG RAWOH)
yg bener tuh (SUGENG RAWUH)
kamu orang batak ya….????

6. masrony - June 22, 2007

Kok banyak yang protes dengan SUGENG RAWÖH ya..
padahal itu kan bukan O… jadi ada nada sengaunya..
kan wong suroboyo nada suaranya antara U dengan O.
Itu berarti inkonsistensi nada yah tak terjemahkan menjadi Ö
Hahaha… ceritane ngeles kie….

7. unggul nugroho - June 25, 2007

wahhhh, keren bisa dibuat rujukan. soalnya selama ini kalo belajar soal hal ini selalu dibayangi ketakutan betapa sulitnya

8. music - January 9, 2008

very interesting.
i’m adding in RSS Reader


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: